Lebih Baik Mana Membeli atau Membangun Rumah Sendiri? - Ausen Property Syariah
Lebih Baik Mana Membeli atau Membangun Rumah Sendiri

Lebih Baik Mana Membeli Rumah atau Membangun Sendiri?

Assalamu’alaikum pembaca Ausen, salah satu kebutuhan pokok manusia adalah memiliki sebuah rumah sebagai tempat berteduh. Namun di era sekarang memiliki sebuah rumah bukanlah perkara yang mudah. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan mulai dari harga, efisiensi dan faktor kenyamanan. Tapi yang jadi pertanyaan adalah lebih baik mana membeli rumah ataukah membangun sendiri, berikut akan ausenproperty.com ulas mengenai kelebihan dan kekurangan mengenai pertanyaan tersebut, silahkan di simak penjelasannya berikut ini.

Keuntungan Membeli Rumah
Membeli sebuah rumah akan membebaskan Anda dari segala urusan membangun rumah yang ribet, Anda tidak perlu pusing memikirkan desain bangunan, pemilihan material bangunan yang bagus dan juga memilih seorang tukang bangunan yang bisa dipercaya dan sudah terbukti kualitasnya. Selain itu Anda juga tidak perlu ribet mengurusi  pembuatan Sertifikat Tanah karena sudah diurus oleh pihak developer.

Selain itu Anda juga tidak repot memikirkan perizinan ke tetangga kanan kiri rumah anda. Sudah tersedianya fasilitas umum seperti tempat ibadah, minimarket, pasar maupun sekolah di sekitar komplek perumahan Anda juga menjadi kelebihan tersendiri jika Anda memilih untuk membeli sebuah rumah ataupun apartemen.

Kekurangan/Kerugian Membeli Rumah
Dilihat dari harga dan lengkapnya fasilitas yang akan Anda dapatkan jika membeli rumah sendiri, maka hal itu yang menjadikan sebuah rumah yang akan Anda beli memiliki harga yang relatif mahal. Sedangkan jika ditilik dari segi bangunan maka Anda juga harus pintar memilih rumah yang akan Anda beli karena kualitas bangunan rumah juga tergantung developer.

Jika Anda pintar memilih developer yang kredibilitasnya sudah terkenal baik maka Anda akan beruntung karena Anda akan mendapatkan rumah yang bagus kualitas bangunannya. Karena banyak juga developer yang asal-asalan dalam mengerjakan proyek perumahan. Namun untuk saat ini kami kira para developer sudah banyak yang menjaga kualitas bangunan rumah yang dikerjakannya dikarenakan ketatnya persaingan di dunia properti dan juga antara developer developer perumahan lainnya.

Selain harga yang relatif mahal, lokasi perumahan biasanya agak jauh dari perkotaan karena para developer juga kesulitan membebaskan lahan untuk proyek perumahan di daerah perkotaan.

Dari sisi sosial pergaulan dan budaya, Anda dituntut untuk cepat beradaptasi karena penghuni komplek perumahan berasal dari latar belakang yang beragam mulai dari tempat asal, aspek pekerjaan, kebiasaan maupun kehidupan sosialnya.

Tips-Memilih-Furniture-Untuk-Mempercantik-Taman-Rumah

Kelebihan Membuat Rumah Sendiri
Membuat rumah sendiri berarti Anda bisa berkreasi sesuka hati sesuai kebutuhan, mulai dari penentuan desain seperti desain industrial maupun desain rumah yang berkonsep alam yang berhiaskan pohon dan bebatuan, pemilihan bahan material bangunan, isi furniture rumah, pemilihan tukang bangunan yang cocok, termasuk penentuan biaya yang harus dikeluarkan untuk pembangunan rumah, Anda sendiri yang menentukan.

Kekurangan Membuat Rumah Sendiri
Membuat rumah sendiri berarti Anda harus juga pintar memilih lokasi rumah yang tepat, usahakan mendekatkan lokasi rumah fasilitas umum seperti tempat ibadah, sekolah maupun pasar. Anda juga harus memiliki pengetahuan di bidangnya dan mengetahui toko yang sudah terpercaya menyediakan bahan-bahan bangunan yang bagus agar bangunan rumah Anda bisa awet berdiri. Anda juga harus mempunyai kenalan seorang juru bangunan yang tidak diragukan profesionalitasnya.

Selain itu, apabila rumah mau dibangun, Anda juga harus mengurus  IMB (Izin Mendirikan Bangunan) sendiri. Selain itu Anda juga harus mengurus dan mengecek keabsahan sertifikat tanah bangunan Anda sebelum dibangun sebuah rumah di atasnya.

Setelah rumah selesai dibangun, Anda harus mengecek keabsahan sertifikat apakah, sertifikat tersebut adalah Sertifikat Hak Milik (SHM) ataukah Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) dan jangan lupa juga untuk mengurus Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) rumah Anda.

Bagaimana? Sudah ada gambaran apakah mau membeli rumah ataukah membangunnya sendiri? Semua tergantung dan kembali pada pribadi masing masing.

Sekedar saran dan masukan, jika dilihat dari aspek efisiensi maka membeli rumah adalah pilihan yang lebih efisien karena menghemat waktu dan tidak memeras pikiran Anda, namun Anda juga harus merogoh kocek yang agak dalam jika memutuskan untuk membeli rumah.

Berbeda dengan membangun rumah sendiri, jika dilihat dari segi kepuasan maka membangun rumah sendiri adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin berkreasi dengan desain rumah sesuai keinginan Anda. Anda pun tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam karena membangun rumah sendiri juga bisa dicicil tahap pembangunannya tidak langsung sekaligus. Anda bisa berkreasi dengan menentukan desain rumah Anda sendiri dengan konsep-konsep desain rumah yang sesuai dengan kepribadian Anda.

Kabar baiknya, sebagian developer saat ini pun bisa memenuhi permintaan Anda untuk free / custom design rumah. Memang kadang perubahan desain yang dibolehkan agak terbatas, tapi ada juga yang bisa benar-benar bisa desain sendiri. Sebagian besar rumah yang kami pasarkan di halaman Daftar Perumahan Syariah, bisa Anda request untuk custom desain, silakan dikonsultasikan dengan kami

Baiklah, demikian sekelumit ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan apakah mau membeli rumah sendiri ataukah membangun rumah sendiri. Sekali lagi semua pilihan kembali pada pribadi Anda masing masing. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan baru bagi kita semua.

Sharing is caring!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top