Ingin Memulai Bisnis Properti Syariah? Ketahui Caranya - Ausen Property
Ingin-Memulai-Bisnis-Properti-Syariah_-Ketahui-Dulu-Caranya-Ausen-Property.jpg

Ingin Memulai Bisnis Properti Syariah? Ketahui Dulu Caranya

Ingin Memulai Bisnis Properti Syariah? Ketahui Dulu Caranya. Bisnis properti syariah saat ini merupakan bisnis yang sangat menggiurkan, karena sebagian besar baik masyarakat muslim maupun non muslim lebih banyak memilih properti syariah untuk urusan properti mereka, hal ini bukan tanpa alasan mengapa properti syariah menjadi pilihan, alasan sebagian besar mereka ialah karena properti syariah dipandang lebih menguntungkan dari pada properti konvensional, seperti dengan pembayaran tanpa bunga, tanpa denda, dan tanpa penyitaan properti jika pihak pembeli tidak dapat membayarnya hingga lunas.

Keuntungan bisnis properti syariah bukan hanya terletak pada pembeli atau customer saja, melainkan pada pihak penyelanggara juga, sudah jelas hal ini harus terjadi, tidak mungkin bisnis dibangun hanya ingin menguntungkan customer tanpa memikirkan keuntungan pihak penyelanggara. Bisnis Properti Syariah merupakan bisnis dengan aturan yang bepedoman dengan aturan syariat islam, oleh karena itu sudah jelas bisnis dengan aturan syariah memiliki persyaratan yang harus menguntungkan kedua belah pihak atau menghindari hal yang dapat merugikan salah satu pihak.

Bisnis properti merupakan salah satu bisnis yang sangat menguntungkan dimasa depan, karena menurut perhitungan, harga tanah atau bangunan dari tahun ke tahun harganya semakin meningkat, sehingga bisnis properti bisa Anda jadikan alternatif investasi yang menguntungkan untuk masa depan. Namun bisnis properti merupakan bisnis yang memiliki kaitan cicilan yang pasti ada bunga dan keuntungan yang berlipat bagi pihak penyelenggara, yang hal ini merupakan hal yang termasuk riba, untuk sebagian muslim yang sangat berpegang teguh dengan syariat islam hal ini menjadi pertimbangan, karena riba merupakan sesuatu yang sangat diarang dalam syariat islam.

Oleh sebab itu saat ini banyak bermunculan bisnis properti yang mengusung konsep syariah untuk menghindari hal-hal yang berbau riba, tentunya hal ini menjadi pertimbangan dan penarik perhatian bagi calon customer yang sangat berpegang teguh dengan syariat islam. Tentunya untuk para pihak penyelenggara yang akan mengadakan bisnis properti syariah ini merupakan hal yang tidak mudah, karena dengan membangun bisnis ini selain menyesuaikan dengan nilai-nilai syariat islam juga harus memikirkan tentang masalah keuangan yang sekiranya bener-benar terbebas dari riba atau tidak bertentangan dengan syariah.

Apa Saja Persyaratan yang Mendukung Bisnis Properti Syariah?

Sebenarnya jika Anda ingin memulai bisnis properti syariah, tidak ada resep rahasia untuk melakukannya, bisnis properti syariah merupakan bisnis yang benar-benar menghindari hal yang berbau riba dengan artian transaksi yag digunakan merupakan transaksi dengan resiko untung rugi berdua antara customer dan penyelenggara, jadi dengan menggunakan sistem syariah diantara pembeli dan pihak penyelenggara tidak ada yang merasa dirugikan.

jika Anda ingin memulai bisnis ini, harus diingat bahwa bisnis ini memiliki prinsip yang mengusung sistem syariat islam. Dibawah ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membangun bisnis properti syariah :

Mencari Konsultan Bisnis

Pertama yang Anda lakukan adalah mencari konsultan bisnis yang memahami prinsip syariah, dimana hal ini merupakan hal yang harus dilakukan, dimana Anda dapat berkonsultasi prinsip bisnis yang Anda inginkan benar-benar menganut prinsip syariah. Yang jelas jika Anda ingin melakukan bisnis syariah harus memilih konsultan yang sangat memahami tentang sistem syariah, karena konsultan sangat berperan terhadap keputusan yang akan diambil selanjutnya.

Modal yang Cukup

Semua bisnis memerlukan modal untuk memulainya termasuk bisnis properti ini, Anda membutuhkan modal pertama untuk memenuhi keperluan utama yang harus dilengkapi demi kelancaran berjalannya bisnis, seperti keperluan membeli lahan sebagai tempat dibangunnya properti, sebagai persyaratan kredit developer sebagai syarat memulainya bisnis properti tanpa bunga, karena dengan sistem syariah keuntungan yang Anda dapatkan bukan melalui dari bunga dari angsuran yang dilakukan, melainkan keuntungan yang di dapat dari Anda menjual rumah atau properti.

Memilih Lahan Properti

Ingin Memulai Bisnis Properti Syariah? Ketahui Dulu Caranya

Dalam pemilihan lahan, Anda harus memikirkan tentang sasaran konsumen yang akan dituju, pastikan lahan yang dipilih memiliki atau dekat dengan fasilitas yang dibutuhkan konsumen seperti dekat dengan tempat ibadah, taman bermain dan lain sebagainya yang pastinya memenuhi kebutuhan calon konsumen yang beragama islam. Yang terpenting juga lahan yang dipilih merupakan lahan yang jauh dari tempat-tempat yang mengandung unsur haram, seperti tempat yang dekat dengan rumah bordir, diskotik dan lain sebagainya, bukan tempat terpencil yang jauh dengan keramaian atau jauh dari perkotaan dan yang pasti sediakanlah didalamnya tempat ibadah entah itu musalla atau masjid sebagai tempat ibadah.

Apa Saja Hal yang Harus Dipenuhi Dalam Bisnis Properti Syariah?

Memenuhi Hal-Hal yang Ada Dalam Perjanjian Syariah

Anda sebagai pengembang properti syariah perlu membuat surat pernyataan dan perjanjian yang didalamnya berisi tentang dokumen seperti spesifikasi teknis, jadwal serah terima, serta lama pengerjaan properti yang sebelumnya telah disepakati oleh kedua belah pihak antara pembeli dan penyelenggara. Perlu ditekankan sekali lagi, prinsip yang dianut dalam perjanjian tidak boleh mengandung unsur-unsur riba yang dapat memberatkan atau merugikan salah satu pihak yang bersangkutan seperti pembeli dan penyelenggara.

Mengatur Strategi Soft Launching

Jika Anda sudah menentukan sistem syariah yang benar-benar matang dan sudah menemukan lahan yang akan di gunakan, maka langkah selanjutnya atur strategi untuk soft lounching-nya, misal seperti memberikan promosi yang berbau syariah didalamnya, sehingga masyarakat tahu tentang apa bisnis yang dilakukan. Launching juga dapat dilakukan dengan brosur dan banner yang dapat memperkenalkan tentang properti syariah yang akan dibangun sehingga masyarakat luar dapat mengetahui dan mengerti tentang sistem syariah yang diusung, bahwa transaksi yang di kedepankan merupakan transaksi syariah tanpa Riba.

Dari beberapa cara diatas semoga menjadi pandangan Anda untuk membangun Bisnis Properti Syariah dan menjadikan semua bisnis yang Anda jalani benar-benar terbebas dari riba yang mengusung konsep aturan sesuai syariat islam.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top