Tips Mendidik Anak Usia Dini dengan Cara Islami - Ausen Property
Tips Mendidik Anak Usia Dini dengan Cara Islami-Ausen Property

Tips Mendidik Anak Usia Dini dengan Cara Islami

Kehadiran anak dalam sebuah keluarga merupakan anugerah dan sumber kebahagiaan yang tak ternilai. Kehadiran anak merupakan pelengkap komponen dalam membangun sebuah rumah tangga. D­engan celotehan, tawa dan tangisannya menjadi warna baru dalam rumah tangga, hal ini akan sangat nampak pada pasangan yang masih baru dikaruniai buah hati.

Akan tetapi, kita harus dapat memahami dengan betul bahwa anak-anak tersebut bukanlah sejatinya milik kita, mereka hanyalah titipan dari Allah azza wa jalla. Oleh sebab itu, kita tidak boleh sembarang dalam mendidik mereka. Kita harus memahami bagaimana cara mendidik anak dengan cara islami agar kelak ketika dewasa mereka paham akan syariat Islam.

Dalam Al-Qur’an dan hadist sudah banyak dijelaskan tentang tata cara mendidik anak dengan baik, tentunya sesuai dengan ajaran Islam. Akan tetapi, dalam hal ini, kami akan membahasnya berupa beberapa tips hingga lebih sederhana. Nah, simak beberapa tips mendidik anak usia dini dengan cara islami!

Tanamkan Keimanan dalam Hati dan Pikiran Anak

Hal utama dan yang menjadi paling dasar yang harus ada pada jiwa anak ialah keimanan. Kenalkan pada mereka bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala merupakan Tuhan yang wajib mereka sembah, Allah satu, dan tidak ada Tuhan selain Allah Subhanahu wa Ta’ala. Kenalkan kepada mereka tentang segala kekuasaan-Nya.

Selain itu, kenalkan pula Rasulullah Shalallahu’alaihi wasallam, bahwa beliaulah yang membawa ajaran Islam. Beritahu kepada mereka bahwa Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wasallam merupakan manusia sempurna yang dipilih oleh Allah Shalallahu’alaihi wasallam untuk menyampaikan ajaran yang sempurna. Buatlah mereka mencintai Allah dan Rasul-Nya.

Ajarkan Nilai Islam dalam Bentuk Aktifitas Sehari-hari

Mengajarkan nilai-nilai islami kepada anak memanglah tidak mudah. Akan tetapi Anda harus berusaha untuk menanamkannya. Menjelaskan suatu pelajaran kepada anak yang masih berada di usia dini akan sangat sulit, itu sebabnya sebaiknya Anda mengajarkannya dalam bentuk aktifitas sehari-hari yang biasa Anda lakukan.

Contoh sederhana dalam mengajarkan nilai-nilai islami ialah membiasakan mereka mengawali dan mengakhiri dengan doa. Sekalipun mereka belum mampu untuk memahami dan melakukannya sendiri, tetap tunjukkanlah bagaimana Anda melakukannya. Sedikit banyak mereka akan merekam dan menyimpan di memory otak mereka.

Ajarkan Anak Tentang Tata Cara Beribadah

Perlahan-lahan ajarkan mereka tentang cara beribadah yang baik dan benar. Mulailah dengan mengajarkan doa-doa pendek seperti doa sebelum dan sesudah makan, doa niat dan tata cara berwudhu’, serta beberapa doa-doa lainnya yang pendek dan sederhana. Lalu sambil ajarkan mereka bacaan dan gerakan shalat.

Nah, untuk mengajarkan bacaan dan gerakan terkait ibadah, Anda tidak boleh langsung menyuruh mereka untuk menghafalkannya. Anda harus mengajarinya secara bertahap, mulai dari mencontohkan dan melafalkan bacaan di depan anak Anda. Otomatis, jika mereka sering mendengar bacaan dan sering melihat aktifitas tersebut, lama-kelamaan mereka akan hafal dengan sendirinya.

Biasakan Anak untuk Gemar Beribadah

Membiasakan anak untuk gemar beribadah tidak dapat dilakukan dengan sekedar mengucapkan kata-kata. Akan tetapi Anda harus mampu memperkenalkan kenyamanan ketika mereka sedang melakukan ibadah. Biasakanlah anak-anak Anda untuk melakukan shalat, membaca Al-Qur’an, bershadaqah, dan ibadah lainnya.

Mulailah terlebih dahulu dari hal-hal yang paling ringan untuk dikerjakan oleh anak-anak Anda. Perkenalkan kepada mereka mengenai ibadah yang biasanya dilakukan oleh umat muslim serta jelaskan pula hikmah yang didapat dari ibadah tersebut. Dalam menjelaskannya, Anda harus menggunakan kalimat yang mudah dipahami oleh mereka, jika perlu gunakan perumpamaan.

Seringlah Perdengarkan Muratal Al-Qur’an dan Shalawat

Tips Mendidik Anak Usia Dini dengan Cara Islami-Ausen Property1

Memperdengarkan yang baik-baik kepada anak merupakan salah satu cara mendidik anak dengan baik dan sesuai dengan syariat Islam. Ada banyak fadilah yang akan didapat dengan mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an serta bacaan shalawat terhadap Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam.

Secara tidak langung, Anda menanamkan dalam jiwa anak-anak Anda agar lebih mencintai Al-Qur’an dan shalawat. Dengan begitu Anda telah berupaya dengan baik untuk berusaha mendekatkan anak Anda terhadap Allah azza wa jalla dan Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam.

Ajarkan Anak Tentang Akhlakul Karimah

Sangat penting mengajarkan akhlak yang baik kepada anak-anak terutama pada usia dini. Di usia dini tersebut, anak banyak menyerap ilmu. Jadi, ajarkan kepada mereka bagaimana adab terhadap sesama manusia, baik yang lebih tua, muda maupun seumuran. Ajarkan pula kepada mereka tentang bagaimana beradab terhadap makhluk Allah lainnya.

Selain berakhlak terhadap sesama makhluk, ajarkan pula tentang bagaimana Anda dalam melakukan suatu perbuatan seperti adab makan, minum, mandi dan lain sebagainya. Biasakan kepada mereka agar makan dengan menggunakan tangan kanan, memulainya dengan doa, dan beberapa etika lainnya.

Berikan Teladan yang Pantas kepada Anak

Pada anak usia dini, teladan memiliki daya tarik yang lebih tinggi dibandingkan dengan kata-kata. Mereka akan lebih mudah menyerap apa yang mereka lihat dibandingkan dengan apa yang mereka dengar. Itu sebabnya, pola tingkah laku atau kebiasaan anak akan mirip dengan kebiasaan orang tuanya.

Hal tersebut disebabkan karena si anak lebih cenderung mencontoh apa yang dilakukan orang tuanya dibandingkan dengan apa yang dikatakan. Maka jadilah orang tua yang dapat memberikan teladan baik kepada anak-anaknya. Jika Anda ingin anak Anda rajin beribadah, maka mulailah dari diri Anda terlebih dahulu.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam mendidik anak Anda dengan cara yang islami. Selalu ingatlah, bahwa anak merupakan titipan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Perlakukan mereka sebaik mungkin, penuhi segala hak yang harus mereka dapatkan.

Sharing is caring!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top