Tips Membangun Keluarga Bahagia Menurut Syariat Islam-Ausen Property
Tips-Membangun-Keluarga-Bahagia-Menurut-Syariat-Islam-Ausen-Property

Tips Membangun Keluarga Bahagia Menurut Syariat Islam

Tips Membangun Keluarga Bahagia Menurut Syariat Islam. Setiap manusia didunia pasti menginginkan keluarga yang bahagia. Mustahil ada seseorang didunia yang ingin memiliki keluarga yang berantakan, namun yang namanya hidup didunia pasti memiliki cobaan yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, namun disetiap cobaan jika dihadapi dengan sabar pasti akan memiliki hikmah pada akhirnya, seperti halnya cobaan yang ada pada setiap keluarga, jika dihadapi dengan sabar pasti ada hikmahnya. Benar seperti pepatah, semakin tinggi pohon akan semakin besar anginnya, dalam artian semakin harmonis keluarga akan semakin besar cobaan yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Berbicara tentang cobaan yang diberikan Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada setiap umatnya adalah sebagai tanda bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala menyayangi umatnya tersebut, Allah Subhanahu wa Ta’ala akan memberikan cobaan kepada umatnya agar mereka mendapat kekuatan disetiap rintangan kehidupan yang akan mereka lewati, terutama dalam membina keluarga, islam mengajarkan untuk selalu sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan yang diberikan. Dalam pembahasan kali ini akan menjelaskan tentang bagaimana Membangun Keluarga bahagia dalam ajaran islam. Untuk itu lebih jelasnya simak penjelasan ini hingga selesai.

Apa Saja Tips Membangun Keluarga Bahagia Dalam Islam?

Berikut beberapa tips membangun keluarga bahagia dalam islam:

Berpegang Teguh Pada Visi Ketauhidan

Untuk membangun kekuatan keluarga berpegang teguh pada ketauhidan sangat penting dilakukan, karena tauhid memang merupakan nilai-nilai yang harus dipegang teguh sebagai pondasi kehidupan. Karena jika membangun keluarga tanpa memegang teguh pada dasar ketauhidan maka keluarga akan mudah terombang-ambing saat diterpa ujian. Selain keluarga mudah terombang-ambing juga mengakibatkan kurangnya keharmonisan dalam keluarga serta menjalani kehidpan keluarga jauh dari syariat islam. Untuk itu membangun keluarga dengan ketauhidan sangat penting dilakukan.

Mendasari Keluarga dengan Cinta dan Kasih Sayang

Sebagai seorang muslim seharusnya kita membangun keluarga dengan dasar cinta dan kasih sayang, karena hal itu dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam dalam membina keluarganya, banyak riwayat menjelaskan tentang cinta dan kasih sayang Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam terhadap keluarganya. Oleh sebab itu seharusnya kita sebagai umat Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam mencontoh dan menirunya. Jika dalam membangun keluarga tidak didasari cinta dan kasih sayang maka akan mudah hancur dan mudah terpecah belah. Seharusnya jika keluarga sedang diterpa masalah dan konflik seharusnya sebagai pasangan suami istri senantiasa mencari jalan keluar dari masalah dan selalu memberikan cinta dan kasih sayang untuk keluarga.

Membangun Ekonomi Sesuai Syariat

Tips-Membangun-Keluarga-Bahagia-Menurut-Syariat-Islam-Ausen-Property1

Ekonomi dalam keluarga sangat penting dibangun dan dilakukan, lakukanlah sesuai syariat islam, dengan penuh kejujuran dan keikhlasan, terutama dalam pengolahan keuangan dalam keluarga wajib dilakukan untuk memenuhi dan mengatur dalam kebutuhan keluarga. Banyak sekali keluarga bertikai dan hancur karena masalah ekonomi yang tidak tertata dengan benar, sehingga terjadi kesalah fahaman antar pasangan yang mengakibatkan pertikaian yang berakhir perceraian. Salah satu cara hal itu tidak terjadi yaitu dengan cara membuat perencanaan keuangan yang jujur dan transparan seperti yang diajarkan dalam syariat.

Selalu Menunaikan Nafkah Lahir Ataupun Batin

Selalu memenuhi kebutuhan nafkah lahir dan batin sangat perlu dilakukan untuk menjadikan keluarga yang harmonis. Baik kewajiban istri pada suami maupun kewajiban suami kepada istri, karena hal ini sangat dibtuhkan untuk keharmonisan keluarga. Bahkan dalam ajaran syariat memenuhi nafkah lahir maupun batin sangat perlu dijalankan.

Evaluasi dan Saling Membenahi Diri

Dalam menjalani hubungan khususnya dalam hubungan suami istri melakukan pembenahan diri atau mengkoreksi diri untuk menjadi lebih baik merupakan hal yang sangat dibutuhkan. Adanya masalah dalam keluarga yang disebabkan oleh pasangan atau anak merupakan suatu ujian yang diberikan Allah Subhanahu wa Ta’ala

Akhlak dan kesabaran menghadapi perjuangan rumah tangga adalah hal yang harus diperhatikan oleh setiap pasangan suami istri. Keluarga, baik suami, istri, ataupun anak-anak sejatinya adalah ujian. Dalam hidup menjalani keluarga pasti akan di uji oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, karena hakikatnya manusia hidup untuk di uji dan dijadikan lebih baik.

Demikian ulasan tentang bagaimana cara Membangun Keluarga Bahagia menurut syariat islam. Terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat untuk menjadi referensi membangun keluarga yang sakinah mawaddah warahmah.

Sharing is caring!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top