Hak Seorang Istri Dari Suami Dalam Islam - Ausen Property
Hak-Seorang-Istri-Dari-Suami-Dalam-Islam-Ausen-Property

Hak Seorang Istri Dari Suami Dalam Islam

Menjadi seorang Istri merupakan suatu hal yang pasti dialami oleh setiap wanita, menjadi pendamping suami, merawat anak, mengurus rumah hingga mengurus suami merupakan kewajiban seorang istri, berdandan secantik mungkin di depan suami hingga menjaga kehormatan suami juga merupakan salah satu kawajiban seorang istri, namun dibalik itu seorang istri memiliki hak dari seorang suami.

Di jaman sekarang ini banyak di antara suami yang mengabaikan Hak Seorang Istri yang wajib diperoleh dari suami, dalam islam seorang suami memiliki kewajiban yang harus dipenuhi atas hak Istrinya, oleh karena itu dalam ulasan kali ini akan dibahas apa saja hak yang harus dipenuhi seorang suami terhadap istrinya.

Berikut beberapa hak yang wajib di peroleh seorang istri dari suaminya dalam syariah:

Apasaja Hak Seorang Istri dari Suaminya?

Memperoleh Mahar

Hak Seorang Istri Dari Suami Dalam Islam

Mahar merupakan hal yang sangat wajib diperoleh oleh seorang istri, dalam pernikahan seorang laki-laki diwajibkan untuk memberikan mahar kepada seorang wanita yang dinikahinya, mahar yang diberikan merupakan miliki pribadi istri, seorang istri dapat melakukan apasaja terhadap mahar tersebut, namun dalam batas kewajaran yang dibolehkan dalam syariah.

Digauli Suami

Dalam ajaran islam seorang wanita yang sudah dinikahi oleh seorang pria, mendapatkan hak untuk digauli oleh suaminya, dalam hal ini yang berarti bahwa seorang suami harus menggauli istrinya dengan ma’ruf dan berakhlak, seorang suami harus memikirkan perasaan istrinya dalam masalah ini, tidak boleh hanya memikirkan dirinya sendiri, sehingga menciptakan keluarga yang harmonis.

Mendapatkan Nafkah dari Suami

Setelah seorang wanita dinikahi oleh seorang lelaki, maka seluruh kebutuhan yang dibutuhkan Istrinya menjadi tanggung jawab Suami, oleh karena itu seorang suami wajib memenuhi kebutuhan istrinya, dari nafkah jasmani hingga nafkah rohani.

Diberikan Tempat Tingal

Memberikan temat tinggal merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi seorang suami terhadap istrinya, berilah istri tempat tinggal senyaman dan selayak mungkin sesuai kemampuan suami, suami harus berusaha memberikannya tempat tinggal untuk nantinya menjadi tempat dimana anak-anak akan di rawat.

Bersikap Adil

Jika seorang suami memiliki lebih dari satu istri, maka bersikap adil merupakan kewajiban dan hak yang harus diperoleh oleh masing-masing istri, dengan memberikan pakaian, nafkah tempat tinggal hingga waktu bersama setiap malam menjadi keharusan yang dilakukan suami terhadap istri, sesuai firman Allah yang sudah dijelaskan dalam Al Quran, seorang suami boleh menikahi dua, tiga dan empat wanita yang di senanginya, namun jika tidak mampu untuk keadailan antara mereka cukup satu saja, dalam artian semua lelaki boleh menikahi lebih dari satu istri namun dengan melakukan keadilan terhadap mereka, jika tidak sanggup melakukan keadilan maka cukup satu saja.

Memberi Pengajaran Tentang Agama dan Kewajibannya Taat Kepada Allah

Seorang istri memiliki hak mendapatkan pengajaran dan ilmu tentang agama dan kewajibannya taat kepada Allah dari suaminya, jika seorang istri masuk kedalam neraka karena kurangnya pengajaran tentang agama dari suaminya maka suaminya juga akan terjerumus kedalam neraka bersamanya, oleh karena itu selain menjadi seorang suami, juga harus menjadi guru yang baik yang selalu mengingatkan istrinya dalam ajaran agama.

Menaruh Rasa Cemburu

Seorang istri berhak mendapatkan rasa cemburu kepada istrinya, karena dengan rasa cemburu seorang suami akan selalu menjaga dan melarang istrinya saat akan melakukan sesuatu kemungkaran, atau berbaur, ngobrol dan bercanda dengan laki-laki lain yang selain mahromnya

Dari beberapa kewajiban suami dalam Hak Seorang Istri diatas, semoga menjadi manfaat dan pedoman bagi Anda. Semoga bermanfaat.!!

Sharing is caring!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top