Mengenal dan Memahami KPR Properti Syariah - Ausen Property
Mengenal-dan-Memahami-KPR-Properti-Syariah-Ausen-Property.jpg

Mengenal dan Memahami KPR Properti Syariah

Saat ini mendengar kata developer sudah tidak asing lagi, pasalnya dimana ada properti baik syariah maupun konvensional pasti ada yang namanya developer. Apalagi saat ini bisnis properti khususnya properti syariah menjadi bisnis yang sangat menguntungkan, dimana saat ini masyarakat semakin sadar dan memilih properti syariah dibanding konvensional untuk membeli hunian barunya, karena selain harganya lebih stabil juga properti syariah dikenal lebih menguntungkan karena terjamin tidak akan merugikan salah satu pihak dan selalu memberi kemudahan bagi konsumen.

Berbicara tentang properti syariah saat ini banyak bermunculan pebisnis membuka kredit pemilikan rumah (KPR) syariah dan banyak kemungkinan terjadinya kecurangan yang sebenarnya tidak berbasis syariah namun diberi lebel syariah untuk mengelabui calon konsumen, namun jika Anda ingin memiliki hunian baru namun bingung memilih KPR syariah yang benar, jangan khawatir pada artikel ini akan dibahas tentang seperti apa KPR Properti Syariah yang benar-benar syariah, makanya simak artikel ini hingga selesai agar Anda mengerti dan memahami KPR syariah yang sebenarnya, berikut ulasannya :

PROPERTI SYARIAH

Untuk Anda yang masih belum mengenal properti syariah, perlu Anda tahu bahwa properti syariah merupakan skema pemilikan syariah yang berbasis syariah. Jadi properti syariah memiliki sistem kredit atau pembayaran cicilan dengan menggunakan sistem yang berpegang teguh dengan syariat islam. Properti syariah tidak serta merta dikhususkan kepada umat muslim saja, namun untuk siapapun yang ingin bertransaksi hunian yang berbasis syariah, jadi baik muslim maupun non muslim dapat bertransaksi dengan sistem ini dengan salah satu kelebihannya yaitu tanpa riba atau anti merugikan jika Anda salah satu pihak.

Berminat untuk bertransaksi KPR syariah untuk lebih amannya Anda dapat menghubungi dan mengajukan kredit pemilikan rumah pada sejumlah Bank yang berbasis syariah. Namun sebenarnya Anda dapat langsung menghubungi developer KPR syariah untuk memilih perumahan yang akan Anda pilih sesuai keinginan sebagai pengembang khusus perumahan yang dipilih. KPR syariah tentunya jauh berbeda dengan KPR konvensional, sederhananya bisa kita lihat dari jenis transaksinya, jika KPR konvensional memiliki suku bunga yang selalu di bebankan pada konsumen, namun KPR syariah tidak, tidak ada kata bunga dan denda yang dapat memberatkan dan merugikan konsumen.

Bagaimana Cara Kerja KPR Properti Syariah?

CARA KERJA DAN CIRI KPR SYARIAH

Sebelum benar-benar memilih properti yang berbasis syariah Anda perlu tahu seperti apa cara kerja dan ciri khusus KPR syariah yang sebenarnya, karena saat ini Anda perlu berhati-hati memilihnya karena saat ini banyak menjamur bisnis properti syariah yang sebenarnya tidak betul-betul menjalankan sistem syariah secara benar, hal ini dilakukan oleh oknum-oknum yang hanya ingin mengelabuhi calon konsumen saja. Adapun cara kerja dan ciri-ciri KPR syariah sebagai berikut :

Tidak Ada Perantara

KPR syariah tidak pernah menggunakan perantara, baik dalam bertransaksi maupun urusan administrasinya, seperti halnya menggunakan Bank dalam transaksinya, kredit tidak langsung ada pihak pengelola dan lain sebagainya, penggunaan Bank juga bisa dilakukan namun pihak Bank juga harus menjadi pihak pertama, dalam artian pihak Bank diharuskan membeli properti secara utuh dan menjualnya kembali pada pihak konsumen dengan cara kredit, namun satu hal jangan dilupakan, pastikan tanpa adanya bunga dalam setiap pembayaran dan tanpa denda jika terlambat dalam pembayaran.

Jika Anda mendapati KPR syariah menggunakan perantara atau ada campur tangan Bank dengan adanya bunga atau adanya pinalti dan denda pembayaran, bisa di pastikan KPR tersebut tidak berbasis syariah.

Memiliki Tahapan Akad yang Jelas Sesuai Syariat

Setelah selesai memilih properti yang diinginkan dan melakukan pembayaran uang muka jika kredit atau pembayaran tunai akan ada yang namanya akad yang sesuai dengan syariat islam dalam transaksi jual beli antara pihak developer dan konsumen. Jika Anda bertransaksi dengan KPR syariah namun setelah melakukan pembayaran tidak ada akad yang jelas atau akad tidak sesuai syariat bisa dipastikan KPR yang Anda pilih tidak benar-benar KPR dengan sistem Syariah.

Pembayaran Kredit Hanya Pada Pihak Tertentu

Ketika melakukan transaksi kredit dengan KPR syariah, pembayaran seterusnya hanya berurusan dengan pihak Developer atau Notaris saja, jika menggunakan Bank dengan ketentuan yang telah dijelaskan diatas, pembayaran hanya kepada pihak Bank itu saja tidak dengan yang lain.

Pembangunan Bergantung Pada Dana

Dengan menggunakan KPR syariah tanpa campur tangan Bank, jangan heran jika pembangunan lebih lambat, karena pembangunan disesuaikan dengan dana yang Anda berikan, semakin cepat dan besar dana pada angsuran maka pembangunan akan semakin cepat. Jika Anda menginginkan pembangunan cepat dengan kredit standart gunakanlah pihak Bank dengan ketentuan yang telah dijelaskan diatas, namun angsuran juga akan cukup lebih besar, karena pihak bank juga akan mengambil keuntungan dari penjualan properti tersebut.

Apa Saja Kelebihan KPR Properti Syariah?

KELEBIHAN KPR SYARIAH

Jika Anda masih ada kebingungan antara memilih KPR syariah atau konvensional mungkin dengan mengetahui kelebihan dari KPR syariah menjadi lebih yakin untuk memilih KPR syariah. Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki KPR syariah :

Tanpa Adanya Penyitaan

Mengenal dan Memahami KPR Properti Syariah-Ausen Property01

Karena sistem yang dilakukan berkiblat pada sistem syariat islam yang merupakan sistem anti riba atau anti merugikan salah satu pihak, maka jika konsumen mengalami masalah dalam pembayaran, atau tidak dapat membayarnya hingga lunas, maka pihak penyelenggara atau developer tidak akan melakukan penyitaan pada properti, namun pihak developer akan membantu konsumen untuk menjual properti dan dari hasil penjualan akan diambil sebagian oleh pihak developer sesuai sisa jumlah angsuran.

Tidak Ada Denda Apapun

Kembali pada poin pertama, bahwa properti syariah anti terhadap merugikan salah satu pihak, oleh sebab itu sekalipun konsumen telat dalam pembayaran cicilan atau melakukan pinalti, pihak developer tidak akan memberikan denda pada konsumen, seperti yang dilakukan properti konvensional yang akan memberi denda sejumlah uang pada setiap pelanggara seperti telat dalam pembayaran, namun dengan adanya ketentuan ini bukan berarti konsumen dibebaskan membayar cicilan kapanpun sesuai keinginan, karena kredit properti syariah juga memiliki jadwal atau tenor pembayaran yang disepakati, jadi jika Anda melakukan pembayaran dengan telat dengan sengaja, urusannya dengan tuhan. Hehe.

Besar Angsuran Tidak Pernah Berubah

Karena dalam angsuran kredit properti syariah tidak ada yang namanya bunga, maka pembayaran setiap angsuran tidak pernah berubah hingga tahun yang telah ditentukan dan disepakati dalam akad pembelian.

Lama Angsuran Sesuai DP atau Uang Muka

DP atau uang muka yang dilakukan properti syariah rata-rata 0%, 10%, 20% hingga 40%, semakin besar uang muka yang diberikan, maka angsuran akan semakin cepat.

Setelah Anda mengenal dan mengerti dari beberapa hal tentang KPR Properti Syariah diatas semoga menjadi tambahan pengetahuan bagi Anda, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top